Linux Boot Loader Restoration

Masalah boot loader terjadi silih berganti di laptopku dan hal ini terkadang sudah menjadi hal yang ga perlu dibuat menjadi panik lagi. Di sini aku akan membahas mengenai cara memperbaiki boot loader bila terdapat masalah pada dual-boot Linux + Windows. Dalam kasus yang aku pakai di sini, aku menggunakan Ubuntu 8.10 Intrepid Ibex, live CD Ubuntu 8.04.1 Hardy Heron dan Windows XP SP3.

Terkadang tanpa kita ketahui masalah booting muncul secara tiba-tiba, salah satunya adalah partisi Linux tidak terdeteksi padahal sebelumnya bootloader dapat muncul tanpa masalah. Masalah ini bisa timbul bila kita menginstall Linux yang kemudian dilanjutkan menginstall Windows di partisi lainnya, atau bila kita terpaksa harus me-repair Windows karena suatu masalah. Yep, Windows secara otomatis akan menulis ulang MBR (Master Boot Record) sehingga langsung masuk ke Windows dan menganggap Linux tidak ada.

Bila hal ini terjadi, siapkan Live CD Linux yang bersangkutan dan boot melalui Live CD ini. Bagi pengguna Ubuntu, dapat menggunakan GParted yang dapat dijalankan melalui menu System > Administration > Partition Editor, kemudian klik kanan pada partisi Ubuntu dan pilih menu Manage Flags. Kemudian centang tanda “boot” dan klik tombol OK. Setelah itu restart komputer dan lihat hasilnya. Bila ternyata masih bermasalah, maka coba gunakan cara di bawah ini.

Cara di bawah ini merupakan cara yang aku dapatkan dari website lain. Akan tetapi dari pengalamanku, apa yang harus dilakukan agak berbeda dengan yang tertulis di situs itu.

Sama seperti cara yang sebelumnya, bila terjadi masalah pada bootloader, masukkan Live CD dan boot ke Live CD tersebut. Ada baiknya mem-backup file menu.lst yang terdapat pada direktori /boot/grub/ dengan perintah copy paste ke flashdisk atau media lainnya yang dapat dengan mudah diakses oleh Linux yang bersangkutan untuk mencegah hilangnya menu yang sebelumnya sudah ada. Akan tetapi tentu saja karena kita melakukan boot dari Live CD, direktori /boot/ merupakan direktori yang dibuat oleh Live CD, bukan direktori pada Linux yang terinstall di harddisk.Oleh sebab itu, mount partisi Linux yang terdapat di harddisk, baru kemudian dari mount point tersebut buka file boot/grub/menu.lst (misalnya /media/sda0/boot/grub/menu.lst) dan copy paste ke tempat lain seperti flashdisk atau partisi lainnya (lebih direkomendasikan ke flashdisk).

Setelah melakukan backup, pengguna Ubuntu dapat coba masuk ke Terminal melalui menu Application > Accessories > Terminal, sedangkan untuk Linux lainnya coba untuk membuka Terminal atau Console atau XTerminal (tergantung jenis desktop yang dipakai). Kemudian ketikkan perintah sudo grub dan tekan Enter. Lanjutkan dengan beberapa perintah di bawah ini secara berturut-turut. Perlu diperhatikan spasi dan penulisan yang harus sama persis.

root (hd0,0)

setup (hd0)

quit

exit

Bila penulisan dilakukan dengan benar, maka seharusnya tidak ada pesan error. Akan tetapi bila terdapat pesan error, coba untuk melihat kembali dan memastikan penulisan termasuk spasi ditulis dengan benar (perhatikan spasi yang terdapat setelah root dan setup). Selain itu perintah seperti hd0,0 juga harus disesuaikan dengan posisi partisi Linux pada harddisk. Bila partisi Linux terdapat pada harddisk pertama dan posisi paling awal dalam harddisk, maka perintah di atas dapat digunakan tanpa diubah. Bila partisi Linux terdapata pada harddisk ke-n dan posisi ke-m pada harddisk itu, maka perintah akan berubah sesuai dengan rumus: hd[n-1],[m-1]. Contohnya bila terdapat pada harddisk ke-1 dan partisi ke-3 di harddisk tersebut maka perintah yang dijalankan adalah root (hd0,2) > setup (hd0) > quit > exit.

Setelah itu coba untuk merestart Linux dan melihat apakah sekarang sudah terdapat bootloader. Dari pengalamanku, bila sudah terdapat bootloader, maka menu yang ditampilkan akan tetap sama seperti sebelum mengalami masalah. Akan tetapi bila masih terdapat masalah misalnya hanya operating system Linux saja yang muncul, silahkan masuk ke Linux tersebut kemudian copy kembali menu.lst yang sudah dibackup tadi ke /boot/grub/menu.lst dengan perintah sudo cp /media/sdb0/menu.lst /boot/grub/menu.lst

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s