Hal Yang Perlu Dilakukan Untuk Free Domain Name dan Free Web Hosting

Sebelum menggunakan free hosting dan free domain name, ada beberapa point yang perlu diperhatikan. Artikel ini menindaklanjuti pembahasan daftar free web hosting dan free domain name, baca disini dulu. Poin yang dibicarakan disini saya rasa cukup penting sebelum anda menggunakan layanan-layanan tersebut.Apa saja yang perlu diperhatikan ? simak terus bos!

Sebelum menggunakan layanan free web hosting tersebut anda harus tahu dulu tentang ns atau name server. Name server ini dimiliki oleh web hosting, baik yang free atau yang berbayar. Name server ini harus dihubungkan dengan domain name anda. Biasaya dalam Cpanel domain name anda terdapat option untuk mengubah name server ini. Isilah name server (ns) dengan name server web hosting anda. Sebagai contoh jika anda menggunakan 000webhost.com sebagai web hosting anda, maka name server mereka adalah dns1.000webhost.com dan dns2.000webhost.com. Baca disini selengkapnya. Setiap pengubahan seting ns diperlukan waktu sampai maksimal 48 jam agar perubahan tersebut bisa dirasakan. Artinya internet memerlukan waktu sampai 48 jam untuk mengupdate seting website anda. Jika anda mengubah pada saat ini, mungkin saja web anda masih bisa diakses, karena internet belum mengupdate seting anda. Jika tidak bisa diakses, ya ditunggu saja.

Untuk free web hosting, ada beberapa penyedia free web hosting yang memberikan name servernya, jika mereka memberikan informasi tentang name servernya, maka free webhosting tersebut bisa digunakan untuk domian anda sendiri, maksudnya anda bisa membeli domain name dan menggunakan free web hosting tersebut sebagai hosting anda. Jagoan saya kali ini adalah 000webhost.com yang memberikan hosting gratis dan profesional. Tetapi ada juga yang tidak memberikan informasi tentang name servernya.

Ada langkah-langkah (harus urut) yang harus dijalani untuk mendapatkan free domain name dan free web hosting. Pertama anda harus mendaftarkan domain name dulu, baik free domain name maupun yang berbayar, setelah mendapatkannya, baru cari web hosting. Gunakan domain anda tersebut untuk mendapatkan web hosting. Pihak web hosting akan men-seting agar hosting pesanan anda mengarah ke domain anda. Setelah itu biasanya pihak web hosting akan memberitahu alamat name server mereka. Jika tidak tanyakan langsung kepada supportnya. Setelah mendapatkan alamat name servernya, setting option (di Cpanel domain anda) name server domain anda dengan name server web hosting yang baru saja di berikan tadi.

Dengan free hosting dan free domain anda bisa berbuat banyak, misalkan menginstall wordpress, membangun situs iklan baris menggunkan wordpress dan membangun aplikasi web dengan AJAX. And more..

Free domain name dan free web hosting adalah layanan gratis, anda tidak mengeluarkan uang sepeserpun untuk mendapatkan semua itu. Anda harus mematuhi TOS (Term of Service) yang mereka berikan, sekali anda dinilai melanggar, maka anda akan di kenai sanksi, misalkan dibanned. Dan bisa saja anda akan kehilangan data.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s