Toyota Urban Cruiser, Peforma Safety Tak Tertandingi


Setelah diluncurkan di Paris Auto Show 2008 lalu, Toyota Urban Cruiser bersiap membanjiri Eropa. Penjualan di Inggris diperkirakan mulai Mei 2009. Urban Cruiser hadir dengan fitur safety yang sulit di cari tandingannya di kelasnya.

Di Inggris, Toyota Urban Cruiser menawarkan dua pilihan mesin yaitu 1.3 liter VVT bensin dan 1.4 liter Diesel. Kedua mesin meyalurkan daya ke roda melalui 6-speed manual transmission. Mesin bensin dipasangkan dengan sistem penggerak dua roda. Sedangkan diesel dengan sistem penggerak all-wheel drive.

Kedua mesin ini dilengkapi dengan Stop & Start System yang membantu menghemat bahan bakar dengan cara mematikan mesin saat berhenti di lampu merah atau kemacetan. Mesin otomatis langsung start begitu pedal gas ditekan. Fitur ini biasanya hanya ada di mobil-mobil hybrid.

Mesin diesel 1.4 D-4D memproduksi daya maksimal 89bhp dan torsi 160lb-ft. Mesinnya sudah dilengkapi dengan Diesel Particulate Filter yang menyaring jelaga sisa pembakaran. Hasilnya semburan asap hitam dari knalpot yang biasanya muncul dari mesin diesel bisa di eliminir hingga tingkat minimal. Bahkan tidak bisa dibedakan dari knalpot mesin bensin. Emisi CO2-nya juga rendah, 133g/km.

Mesin baru 1.3 Dual VVT-I bensin mampu memproduksi daya 99bhp. Penggunaan teknologi Dual-VVT-I, yang mengatur bukaan katup masuk dan keluar sesuai beban mesin, menghasilkan tenaga dan torsi lebih besar dengan efisiensi lebih baik.

Urban Cruiser menggunakan Active Torque Control AWD system seperti yang dipakai Toyota RAV4. Sistem ini mengoptimalkan traksi dan efisiensi bahan bakar dengan mengatur distribusi torsi ke roda belakang.

Meskipun ukurannya kompak, interiornya dirancang bisa mengakomodasi lima orang dengan nyaman. Plus bagasi 314liter yang bisa diperluas jadi 749 liter bila kursi belakang di lipat. Kursi belakang bisa dilipat dengan pembagian 60:40.

Fitur keselamatannya berderet panjang sehingga penumpang didalamnya bisa merasa tenang. Ada tujuh kantong udara di tiap Urban Cruiser, apapun tipenya. Termasuk kantong udara tirai yang melindungi kepala dan tubuh bagian atas. Juga kantong udara lutut untuk pengemudi.

Kursi-kursinya dilengkapi active head restraints untuk mengurangi resiko cidera kepala dan tulang punggung akibat tersentak saat ada benturan dari belakang. Prinsip kerjanya, jika ada benturan dari belakang, dan tubuh tersentak ke belakang, penyangga kepala secara aktif bergerak maju menangkap kepala.

Toyota juga merancang Urban Cruiser agar ramah terhadap pedestrian. Minimal Intrusion Cabin System yang diaplikasikan di Urban Cruiser ini mampu menyerap energi benturan sehingga memberi perlindungan lebih pada pedestrian.

Fitur keselamatan aktif lainnya adalah ABS dengan Brake Assist (BA), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Vehicle Stability Control dan Traction Control. Semua bekerja sama secara harmonis untuk mencegah mobil mengalami kecelakaan.

Sumber:
http://www.toyota.co.id

Dikutip Dari :
http://www.otomobilclub.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s